Ujicoba Timnas Indonesia U-19 Tour Eropa 2014

Berita Bola Indonesia – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan membawa 26 pemain ke tur Eropa pada bulan September mendatang. Training dalam bentuk tur itu akan dilakoni Garuda Jaya sebelum berangkat ke Myanmar pada ajang Piala AFC bulan Oktober mendatang.
“Sebanyak 26 pemain akan kami bawa seluruhnya ke Eropa. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal yang tak diinginkan di sana,” tutur pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, Rabu (27/8/2014).
Praktis, Indra tidak melakukan pencoretan pemain. Terlebih, tiga pemain Timnas U-19 digeser ke Timnas U-19 B besutan Rudy W Keltjes. Martinus Novianto, Eriyanto dan Alqomar Tehupelasuri saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Sawangan, Depok, untuk persiapan turnamen  AFF di Vietnam.
“Tidak ada bongkar pasang pemain lagi karena waktunya juga sudah mepet,” kata Indra.
Indra menjelaskan saat ini timnas U-19 memasuki fase pra kompetisi Myanmar 2014. Persiapan dibuat persis sesuai dengan apa yang akan dihadapi para pemain ketika di Myanmar nanti. Pada fase ini timnas U-19 fokus pada latihan bertahan dan penyelesaian akhir. Fokus latihan ini menyusul hasil buruk di HBT kemarin.

“Tiap sore kami terus asah penyelesaian akhir dan bertahan. Beragam pola dan tipe di dua sektor itu kami berikan ke pemain. Tidak mudah dan jangan berharap cepat karena untuk usia seperti mereka, perubahan dilakukan berjenjang. Bermain bola tidak sehari dua hari jadi proses ribuan kali pemain melakukan gerak serupa,” pungkasnya.